z

Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom

Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom

INILAHCOM, Cambridge - Para ilmuwan pernah melatih anjing, tikus, lebah, dan bahkan lumba-lumba untuk mengendus ranjau, namun kini mereka sedang mengubah perhatian mereka pada sesuatu hal yang belum pernah dibayangkan sebelumnya, yakni bayam.

Terkenal karena memiliki manfaat bagi kesehatan, bayam sesegera mungkin dapat menjadi alat bantu manusia dalam mengungkap keberadaan bahan peledak tersembunyi dan mencegah adanya korban jiwa.

Hal ini menjadi mungkin berkat hasil kerja para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menggunakan sebuah teknik bernama infus pembuluh darah untuk memperkenalkan nanotube karbon dari daun tanaman .

Dilaporkan National Geographic, nanotube ini secara khusus dirancang untuk berinteraksi dengan komponen kimia yang disebut nitroaromatic, yang umum digunakan sebagai bahan peledak.

Dalam percobaan mereka yang dijelaskan dalam jurnal Nature Materials, para peneliti berfokus pada nitroaromatic yang disebut asam pikrat (picric acid).

Asam yang diserap dari air tanah oleh akar tanaman, kemudian diangkut ke dalam lapisan mesofil yang terdapat di bagian bawah daun, dimana sebagian besar fotosintesis berlangsung, serta lokasi yang sama dengan nanotubes ketika sedang bekerja untuk melacak bahan peledak.

Ketika para peneliti memaparkan sinar laser pada nanotube ini, mereka akan memberikan sinyal berpijar sebagai tanda terdeteksinya nitroaromatik (komponen kimia yang digunakan sebagai bahan peledak).

Sinyal ini dapat dilihat dengan menggunakan kamera infrared dalam jarak satu meter. Meskipun saat ini tim masih berusaha untuk melebarkan jarak yang lebih jauh.

Secara keseluruhan, dibutuhkan sekitar 10 menit untuk nitroaromatik sampai ke daun setelah diserap dari akar, dan sementara beberapa hewan telah dapat mengendus bahan kimia peledak lebih cepat.

Michael Strano salah satu rekan penulis penelitian mengatakan bahwa 'tanaman adalah analisis kimia yang sangat baik'.

"Mereka (tanaman) memiliki jaringan akar yang luas di dalam tanah, dan memiliki cara tersendiri untuk mengangkut air hingga ke daun," ujarnya.

Jika para ilmuwan berhasil untuk melakukan percobaan ini, maka dipastikan bahwa ke depannya korban jiwa yang disebabkan oleh bahan peledak akan jauh lebih sedikit.



Demikianlah Artikel Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/11/ilmuwan-ubah-bayam-jadi-alat-pendeteksi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Ilmuwan Ubah Bayam Jadi Alat Pendeteksi Bom"

Posting Komentar