z

Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget

Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget

INILAHCOM, Jakarta - Saat anak bermain gadget berlebihan, dia mengorbankan waktu untuk aktivitas lainnya. Apa saja yang harus orangtua perhatikan untuk mengatasi hal tersebut?

Menurut Astrid Napitupulu saat ditemui di acara asuransi JAGADIRI bersama forum NGOBRAS, Jakarta, Kamis (24/11/2016), menjelaskan ada enam waktu yang dimiliki anak dan terbuang percuma begitu saja karena asik bermain gadget. Sebagai orangtua, hal ini harus diwaspadai agar anak tidak kecanduan gadget dan hilang waktu yang dimiliki.

Berikut adalah enam waktu yang terbuang karena anak bermain gadget.

1. Waktu eksplorasi menjadi kurang

"Waktu untuk dia bergerak menjadi berkurang. Misalnya harusnya bermain dengan berlari - lari berkurang. Mengeksplorasi ruangan dan lingkungan menjadi sedikit," kata Astrid.  

2. Waktu interaksi dengan orang - orang di sekitarnya berkurang

"Anak - anak kalau fokus dengan gadget itu jadi tidak fokus dengan orang di sekitarnya. Ketika ditanya apapun tidak menjawab. Tidak memperhatikan orang lain di sekitarnya. Tidak menatap wajah orang lain juga," ujar Astrid.

3. Waktu observasi, mengamati dunia di sekelilingnya menjadi berkurang

"Anak akan cenderung berada dalam satu tempat saja. Tidak mengenal tempat lain. Untuk mengobservasi dunia di sekelilingnya menjadi malas," tambah Astrid.

4. Waktu beristirahat berkurang

"Anak menjadi tidak tidur - tidur karena tergantung dengan gadget. Anak menjadi lebih suka gadget dan mengesampingkan waktu tidur, sehingga hal ini membuat kebutuhan tidur anak menjadi berkurang," ungkap Astrid.

5. Waktu untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya menjadi kurang

"Misalnya kita lihat informasi di gadget, kita harusnya bisa mencerna informasi yang diterima. Ada muatan informasi yang banyak. Tetapi semua harus dicerna.
Dengan banyaknya informasi yang masuk, jadi banyak emosi yang hadir di dalam diri," papar Astrid.

6. Waktu mengekspresikan diri berkurang

"Anak menjadi kurang mengekspresikan diri karena terlalu fokus dengan gadget. Karena itu, penggunaan gadget harus terus diawasi oleh orangtua," kata Astrid.



Demikianlah Artikel Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/11/enam-waktu-terbuang-saat-anak-bermain.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Enam Waktu Terbuang Saat Anak Bermain Gadget"

Posting Komentar