z

Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium

Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium

INILAHCOM, Cambridge - Sejumlah ilmuwan di Inggris telah menciptakan 'janin' buatan dengan menggunakan sel punca tikus. 'Janin' palsu ini merupakan kreasi pertama di dunia.

Tim peneliti dari University of Cambridge menggunakan dua jenis sel punca dan kerangka tiga dimensi untuk menciptakan bentukan mirip janin tikus.

Sejumlah usaha yang sebelumnya dilakukan tidak terlalu berhasil karena pertumbuhan janin muda memerlukan sel-sel berbeda agar bisa bekerja sama satu sama lain.

Para peneliti berharap usaha mereka ini akan membantu pengobatan kesuburan dan juga memberikan pendalaman tentang cara pertumbuhan janin muda.

Meskipun demikian, para peneliti baru melakukan percobaan pada janin tikus karena percobaan pada janin manusia saat ini sangat diatur dan dilarang dilakukan pada janin di atas umur 14 hari.

Begitu sel telur mamalia dibuahi, maka sel telur itu akan membelah diri untuk menciptakan sel punca janin, yang menjadi 'sel inti' tubuh.

Sel punca janin akan berkumpul di dalam janin pada satu sisi dan membentuk struktur janin permulaan atau blastocyst.

Tim peneliti University of Cambridge, yang hasil percobaannya dimuat di jurnal Science, menciptakan 'janin' buatan dengan menggunakan sel punca janin dan jenis kedua sel punca atau disebut sel punca trophoblast janin, yang membentuk plasenta.

"Kami mengetahui interaksi antara jenis sel punca yang berbeda penting bagi pertumbuhan, tetapi yang menarik dari percobaan baru kami adalah upaya ini menggambarkan kerja sama yang sebenarnya, sel-sel ini benar-benar saling memandu masing-masing," ujar Profesor Magdalena Zernicka-Goetz, peneliti utama University of Cambridge, seperti dilansir BBC.

Bagaimanapun, para peneliti mengatakan janin buatan ini kecil kemungkinannya tumbuh menjadi janin sehat, karena kemungkinan masih memerlukan sel punca bentuk ketiga, yang berkembang menjadi kantung kuning telur pemberi nutrisi.



Demikianlah Artikel Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2017/03/ilmuwan-ciptakan-janin-buatan-di.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Ilmuwan Ciptakan 'Janin' Buatan di Laboratorium"

Posting Komentar