z

Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa gejala pneumonia yang dapat diketahui. Seperti apa?

Gejala pneumonia adalah batuk disertai sesak napas karena alveoli atau bagian ujung paru yang menjadi tempat pertukaran udara kotor dan bersih, tertutup oleh lendir (mukus) yang susah dikeluarkan.

Anak sesak napas dengan napas cepat dan terengah-engah menandakan ia tengah mencoba menarik oksigen lebih banyak, menyebabkan tarikan dinding ke dalam. Kuman utama penyebab pneumonia adalah Streptococcus pneumonia dan Haemofilus influenza tipe B. S. pneumoniae menyebabkan 50 persen kasus pneumonia.

“Sayangnya vaskin untuk pencegahan bakteri pneomokokus belum masuk imunisasi yang masuk program pemerintah,” ujar Cissy Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita SpA(K) dokter spesilias respirasi  anak dari FK Unpad/RS Hasan Sadikin, Jakarta, baru - baru ini.

Bakteri S.pneumoniae paling banyak hidup di ujung nasofaring tanpa menyebabkan gejala. Data menunjukkan kolonisasi bakteri ini ditemukan pada 10 - 85 persen saat usia kurang dari 5 tahun dan 4 - 45 persen pada orang dewasa.

“Suatu hari kalau pertahanan tubuh anak buruk sehingga pertahanan saluran napas terganggu karena pengaruh dari lingkungan luar yang buruk, akhirnya kuman hidup bisa dapat berkembang lebih banyak dan pergi ke mana-mana menyebabkan infeksi di telinga tengah, di darah, sinusitis, meningitis dan penumonia," tambahnya.

Pneumonia sangat mudah ditularkan melalui percikan dahak saat batuk. Sangat disayangkan bahwa lebih dari 50 persen penderita penumonia tidak diterapi. Hitung napas ketika anak tidur dapat dijadikan patokan apakah anak menderita pneumonia atau tidak sehingga dapat dilakukan pengobatan segera.



Demikianlah Artikel Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/12/kenali-gejala-pneumonia-pada-anak.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak"

Posting Komentar