z

Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia

Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia

TIMBULNYA berbagai macam keragaman dalam berbisnis saat ini dipengaruhi oleh semakin meningkatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI).

Hal ini merupakan dampak dari pemanfaatan TI yang diterapkan dalam dunia bisnis saat ini,yakni dapat membantu manusia untuk menyimpan serta mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna. 

Selain itu TI juga dapat membantu manusia dalam bidang komunikasi dan tukar menukar informasi tanpa batasan jarak dan waktu.

Untuk mewujudkan kesuksesan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan sistem informasi, dimana terjadi peningkatan efisiensi dari sistem informasi untuk menghasilkan manajemen yang lebih efisien dalam seluruh tatanan lini proses bisnis.

Salah satu konsep yang cukup terkenal yang merupakan sistem yang mengintegrasikan proses setiap lini bisnis dalam manajemen perusahaan secara transparansi dan memiliki akuntabilitas yang cukup tinggi yaitu konsep Entreprise Resource Planning (ERP).

Menurut praktisi teknologi informasi, Syopiansyah Jaya Putra, ERP adalah menyatukan proses yang panjang. "Dengan ERP proses bisa dieliminasi, disederhanakan, disatukan di satu tempat dan terjadi otomatisasi atau tidak perlu lagi ada orang," ujarnya kepada INILAHCOM di Jakarta Rabu (23/11/2016).

Selain memotong proses, penerapan software ERP diklaim meningkatkan transparansi data dalam sebuah perusahaan. Misalkan, bila tanpa software ini, laporan keuangan bisa dibuat dalam beberapa versi, dengan software ini tidak dapat melakukan hal tersebut.

"ERP meningkatkan transparansi, dengan ini semuanya tercatat sehingga makin transparan. Pencatatan sesuai aturan karena ERP sudah disusun sesuai aturan perusahaan," imbuh pria yang juga menjabat ketua Center for Information Technology and Communication UIN Jakarta.

Hal ini tentu tidak berarti software tersebut adalah sebuah solusi sakti untuk kebutuhan sebuah perusahaan. Meskipun dikatakan bisa melakukan otomatisasi, pada hakikatnya yang dimaksud adalah mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam suatu proses.

Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan.

"Integrasi adalah proses dr perencanaan produksi sampai produksi kmdn supply chain lalu distribusi hg sampai ke tangan konsumen.

Proses integrasi juga melihat proses business enabler seperti human capital sehingga menghasilkan informasi antara perencanaan biaya dengan aktual secara aktual. Hasil proses erp ini akan dikonsolidasikan dalam laporan keuangan dan neraca keuangan secara jelas dan dapat dipertanggung jawaabkan." ujar Principal HR Consultant, Lintong Lumbantobing.

Kebutuhan Pasar Indonesia

Melihat kondisi implementasi ERP di perusahaan Indonesia untuk pengembangan bisnis proses masih diperlukan pemerintah khususnya BUMN dalam hal ini sebagai peranan penting mendorong penerapan ERP di Indonesia.

"Dengan adanya sinergi bumn diharapkan mendukung penerapan erp dan mendukung program pemerintah integrasi antar BUMN. Proses implementasi msh hrs didukung change management yg kuat mengingat proses ini merubah Budaya kerja". papar Lintong  Lumbantobing.

Ia juga melihat seringkali biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan manufaktur untuk menjalankan software ERP justru lebih mahal di bagian implementasinya dibandingkan dengan harga software itu sendiri.

"Biaya implemrntasi yg mahal dpt diterima Jika Integrsi informasi terbuka dan akurat. Memasang perubahan sistim sering tetapi sekarag sudah sadar menuju continous improvement."imbuhnya.

Saat ini telah banyak beredar software ERP di Indonesia,  Seperti halnya  PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) meluncurkan 'FORCA ERP” yang dilakukan 27 September lalu.

Kehadiran aplikasi karya anak bangsa FORCA ERP merupakan kebutuhan untuk jawaban bagi pelaku usaha dari bisnis menengah hingga besaryang ingin mendapatkan paket peranti lunak yang mendukung semua proses dan kegiatan usaha, termasuk manufakturing, keuangan, sumber daya manusia.

"Berbekal pengalaman dalam mengatur proses bisnis Semen Indonesia Group sejak tahun 2001, kami gembira dapat memperkenalkan kiprah PT Sinergi Informatika Semen Indonesia di industri ICT kepada pelaku usaha Tanah Air.

Dengan keberadaan PT Sinergi Informatika Semen Indonesia ini kami berharap dapat membantu pelaku dunia usaha dari bisnis menengah hingga besar untuk menggapai kesuksesan usahanya dan secara tidak langsung berperan serta dalam menggerakkan roda perekomian Tanah Air”, ujar Adel Rahadi, CEO PT Sinergi Informatika Semen  Indonesia pada saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan FORCA ERP seperti kemudahan dan sistem yang menggunakan sistem cloud base sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk data center dan perawatannya.

Selain itu FORCA ERP merupakan solusi bagi pelaku usaha dari bisnis menengah hingga besar. Selama ini software ERP yang ada di Indonesia kebanyakan dikuasai buatan asing dengan harga yang sangat mahal.

Harganya sendiri lebih murah dari ERP buatan luar negeri. Adel mengatakan, harga FORCA ERP kurang dari 10% harga ERP buatan luar negeri.

Selain dapat mendorong pertumbuhan perekonomian tanah air, PT SISI meyakini dengan hadirnya platform terbarunya ini dapat meningkatkan kinerja bisnis menengah dan besar.

Saat ini FORCA ERP telah digunakan oleh tiga perusahaan. Sampai dengan tahun depan pihaknya berharap sudah ada 50 perusahaan yang menggunakan FORCA ERP.



Demikianlah Artikel Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/11/solusi-erp-bantu-cerahkan-bisnis.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Solusi ERP Bantu 'Cerahkan' Bisnis Indonesia"

Posting Komentar