z

Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas

Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas

INILACOM, Jakarta - Kementerian Kesehatan RI terus berupaya untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi penyandang diabilitas.

Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. H. Subuh MPPM, pada acara Hari Disabilitas International 2016 di Jakarta, Kamis (24/11/2016), sejak awal kemerdekaan, Pemerintah terus melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan penyandang disabilitas. Antara lain, dengan memberikan pemahaman bahwa penyandang disabilitas setara dengan anggota masyarakat lainnya, berhak mendapatkan pelayanan publik, pendidikan, dan lapangan pekerjaan.

Kemudian, penyandang disabilitas tidak boleh mengalami stigmatisasi dan diskriminasi. Pemerintah bersama masyarakat juga melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan akses para penyandang disabilitas pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu serta pelayanan publik lainnya.

Upaya ini diperkuat dengan penanggulangan penyakit untuk mencegah terjadinya gangguan fungsional dan disabilitas lebih lanjut, dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif serta meningkatkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

"Upaya Pemerintah dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan, dan rehabilitasi bersumber daya masyarakat pada para penyandang disabilitas membutuhkan dukungan dari seluruh jajaran Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat," kata Subuh.

Upaya ini bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan para penyandang disabilitas yang setinggi - tinginya. Tujuan ini dapat terlaksana bersama seluruh lapisan masyarakat termasuk akademisi, organisasi profesi, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, kalangan swasta, dan dunia usaha.

Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2010, lebih dari milyar anggota masyarakat dunia adalah penyandang disabilitas. Artinya, 15 dari setiap 100 orang di dunia merupakan penyandang disabilitas dan diperkirakan 50 persen penyandang disabilitas tidak mampu membiayai pelayanan kesehatan sendiri.

Selain itu, menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, menunjukkan bahwa prevalensi disabilitas pada penduduk Indonesia berusia kurang dari 15 mencapai 11 persen.



Demikianlah Artikel Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/11/kemenkes-tingkatkan-pelayanan-untuk.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Kemenkes Tingkatkan Pelayanan Untuk Disabilitas"

Posting Komentar