z

Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang

Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang

INILAHCOM, Tokyo - Toyota Team Indonesia (TTI) memulai debut internasionalnya dengan berlaga mewakili Indonesia di ajang one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016 di sirkuit Fuji Speedway, Jepang.

Ajang Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz 2016 ini adalah momen perdana TTI dalam arena balap di kancah international sejak pertama kali berdiri pada 1989. Turun di kelas Netz Cup Vitz Race, pembalap perempuan Alinka Hardianti memacu Toyota Vitz XP130 di lintasan balap yang pernah menjadi tuan rumah Formula One Japanese Grand Prix di 2007 ini.

Di kelas ini, spesifikasi mobil yang digunakan relatif standar seperti yang dipasarkan untuk umum dengan modifikasi terbatas resmi yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Toyota Vitz sendiri memiliki banyak kemiripan dengan Toyota Yaris di Indonesia.

Sementara itu, pada ajang balap kali ini, TRD Indonesia turut ambil bagian dalam menyiapkan kendaraan dan tim teknis yang berperan penting.

Melaju di Fuji Speedway, lintasan balap yang dibuka pada bulan Oktober 1965 ini tentu memiliki tantangan tersendiri bagi para pembalap. Sirkuit sepanjang 4.563 meter ini memiliki 16 tikungan dan trek lurus terpanjang di dunia motorsport yang mencapai 1.475 meter.

Mempersiapkan diri berlaga di sirkuit milik Toyota Motor Corporation ini, Alinka telah berlatih secara intensif dengan Toyota All New Yaris di sirkuit Sentul dengan didampingi Haridarma Manoppo, pemegang rekor waktu terbaik di balapan European Touring Car Championship (ETCC).

Alinka sendiri, adalah pembalap berpengalaman dengan segudang prestasi, salah satunya peringkat pertama pada Indonesia Super Touring ISOM 2013 dan 2014, serta telah menyabet delapan penghargaan bergengsi pada ajang Slalom 2016 bersama Toyota Team Indonesia.

Sementara itu, jadwal latihan yang dijadwalkan selama lima hari, hanya dapat diikuti selama satu hari oleh Alinka, karena halangan cuaca. Kondisi sirkuit yang berkabut dan turun salju tidak memungkinkan Alinka mengenali lebih jauh trek yang akan dilalui.

Meski demikian, kurangnya latihan tidak menghalangi Alinka untuk mencetak prestasi pada babak pra-kualifikasi dan kualifikasi yang dilakukan pada Sabtu (26/11/2016).

Sebagai satu-satunya pembalap wanita asal negara selain Jepang, Alinka menorehkan catatan waktu 2 menit 18 detik.

Berada di urutan keenam dari kurang lebih 60 peserta pada babak penyisihan, Alinka berhasil mengukuhkan posisi TTI dalam ajang ini, dan melaju ke babak Grand Final pada Minggu (27/11/2016), menyisihkan 25 peserta lainnya.

Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz 2016 diikuti kurang lebih 60 pembalap di babak kualifikasi dan hanya 35 di antaranya yang berhak mengikuti Grand Final. Pebalap yang tidak dapat menembus babak kualifikasi tidak dapat ikut kembali pada musim balap tahun berikutnya.

Langkah awal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi para pecinta otomotif Indonesia. Henry Tanoto, selaku Vice President Director PT Toyota Astra Motor mengungkapkan apresiasinya pada kesempatan terpisah.

"TAM tentunya sangat bangga dan mengapresiasi pencapaian Alinka di ajang Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race ini. TAM pun menaruh perhatian khusus terhadap ajang motorsport Indonesia, dengan selalu berupaya mendukung talenta muda tanah air untuk mengasah kemampuan," kata Henry dalam keterangan resminya kepada INILAHCOM.

"Terbukti Alinka dapat menembus ajang internasional, terlepas dari kondisi cuaca berkabut dan bersalju yang mengurangi porsi latihan, serta medan yang terbilang baru baginya. Terlebih kendaraan Toyota yang ketangguhan dan performanya sudah terbukti menjadi sarana bagi para bakat muda ini mengasah kemampuannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Henry berharap TTI dapat meraih catatan waktu yang baik di babak Grand Final, dan menjadi inspirasi bagi pembalap-pembalap muda Tanah Air untuk semakin percaya diri unjuk kebolehan di ajang internasional dan mengharumkan nama Indonesia.



Demikianlah Artikel Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/11/alinka-tembus-final-balap-internasional.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Alinka Tembus Final Balap Internasional di Jepang"

Posting Komentar