z

Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama

Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama

INILAHCOM, Jakarta - Pembangunan kesehatan menjadi kunci utama. Hal ini terkait investasi bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2017 dengan menekankan bahwa pembangunan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berprilaku hidup bersih dan sehat. Hal tersebut sangat perlu untuk pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi - tingginya.

"Akses dan mutu pelayanan kami lakukan untuk rakyat supaya sehat secara maksimal. Penguatan infrastruktur juga digunakan untuk melalui rumah sakit vertikal, Kementerian Kesehatan di provinsi wilayah Timur seperti di provinsi Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur. Tahapan pelaksanaan pembangunan sedang kami persiapkan," kata Menkes Nila F Moeloek saat ditemui di Rakerkesnas 2017 di Bidakara, Jakarta, Selasa (28/02/2017).

Menkes menambahkan, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan menerapkan dan pemenuhan kesehatan sangat dibutuhkan. Hal tersebut diwujudkan dengan  cara salah satunya dengan penyebaran tim nusantara sehat.

"Sementara terdapat tim Nusantara Sehat di 20 puskesmas pada 2015,  kemudian 2016 untuk 131 puskesmas, 2017 tedapat di 188 puskesmas," tambahnya.

Tidak kalah penting adalah Kemenkes juga harus menjalankan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) melalui pendekatan keluarga. Hal ini untuk mewujudkan Indonesia Sehat. Pada intinya, pembangunan kesehatan yang semula bersifat kuratif dan rehabilitatif kini lebih diarahkan pada upaya kesehatan yang bersifar promotif dan preventif. Untuk itu, diperlukan upaya penguatan tiga pilar pembangunan kesehatan yaitu denga  paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Utamanya pada pilar pertama paradigma sehat diimplementasikan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan keluarga dimana aktivitaa kegiatan dilakukan oleh jajaran kesehatqn khususnya ditingkat Puskesmas. Kemudian, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang mana kegiatan tidak hanya dilakukan oleh jajaran kesehatan saja, namun juga lintas sektor dan dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. (tka)



Demikianlah Artikel Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2017/03/menkes-pembangunan-kesehatan-jadi-kunci.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Menkes: Pembangunan Kesehatan Jadi Kunci Utama"

Posting Komentar