z

Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan

Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan

INILAHCOM, Beijing - Suara pukulan misterius pada permukaan pesawat antariksa yang membuat bingung pada astronot China ternyata bukan alien, namun merupakan akibat perubahan tekanan udara.

Yang Liwei, astronot China pertama, menarik perhatian publik ketika mengungkapkan dalam wawancara televisi akhir November lalu bahwa ia mendengar suara seperti 'ketukan palu kayu pada ember besi' dari luar kapsulnya selama misi perdananya tahun 2003, yang membuatnya bertanya-tanya.

Pada Kamis (1/12/2016), ketika astronot itu menghadiri satu acara di sebuah sekolah Kota Ningbo, Provinsi Zhejiang, China, pertanyaan tentang suara misterius itu ditanyakan oleh murid-murid.

Yang Liwei mengatakan bahwa menurut yang ia pelajari, suara ketukan itu terjadi akibat penurunan tekanan udara yang menyebabkan perubahan dalam struktur pesawat antariksa saat meninggalkan Bumi menuju antariksa.

Ia mengatakan bocoran udara keluar dari objek di dalam kapsul juga bisa menimbulkan suara. "Saya pikir itu normal. Penting untuk berhati-hati mengidentifikasi penyebabnya."

Penjelasan Yang Liwei senada dengan pendapat ilmuwan antariksa Liu Hong, yang menulis artikel untuk laman ilmu pengetahuan populer Guokr.com.

Liu Hong mengatakan bahwa ia yakin suara itu berasal dari deformasi sangat kecil dalam material dinding bagian dalam kapsul antariksa akibat perubahan tekanan.

Liu Hong adalah kepala perancang Lunar Palace 1, satu fasilitas untuk menjalankan percobaan kunci mengenai sistem pendukung hidup bio-regeneratif guna membuat satu pangkalan di bulan.

Ia mengatakan selama pengujian 105 hari dalam ruang kedap udara di dalam kapsul, para peneliti juga mendengar suara aneh.

"Mereka pikir seseorang mengetuk dari luar tapi tidak ada yang ditemukan. Mereka terganggu pada awalnya, namun kemudian tenang dan mencari sumber suara itu," ucapnya.

Para peneliti akhirnya menyadari bahwa perubahan suhu kapsul akan menyebabkan perubahan tekanan udara, dan perbedaan tekanan antara bagian dalam dan luar dinding kapsul menyebabkan deformasi sangat kecil pada material dinding, menghasilkan suara 'Dong! Dong! Dong!'

"Kami mungkin menemui segala macam fenomena tak terjelaskan saat menjelajahi yang tidak kita tahu, tapi kita harus selalu mencari penjelasan ilmiahnya. Itu yang mendorong kita ke depan," kata Liu Hong seperti dilansir Xinhua. [tar]



Demikianlah Artikel Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/12/teka-teki-suara-misterius-di-antariksa.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Teka-teki Suara Misterius di Antariksa Terpecahkan"

Posting Komentar