z

Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap

Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap

INILAHCOM, Miami - Banyak astronot yang kembali ke Bumi setelah menjalani misi lama di ruang angkasa menderita pandangan kabur dan tak selalu membaik. Kini, setelah bertahun-tahun berspekulasi dan melakukan studi, akhirnya para peneliti menemukan penyebabnya.

Mengutip National Geographic, cacat mata tersebut disebabkan oleh cairan tumpah di sekitar otak menyumbat di daerah yang tak seharusnya, dan mengakibatkan pemampatan bola mata hingga merata secara permanen.

Kondisi ini disebut gangguan tekanan intrakranial visual, dan menimpa hampir dua pertiga astronaut yang menghabiskan waktu lama di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS.

NASA pertama kali mengidentifikasi sindrom misterius ini pada 2005, ketika pengelihatan astronot John Phillips berubah dari 20/20 menjadi 20/100 setelah enam bulan berada di orbit.

Pemeriksaan fisik menyeluruh mengungkapkan bahwa di bagian belakang bola mata Phillips, entah bagaimana, telah menjadi datar, sehingga mempengaruhi saraf optik.

“Orang-orang awalnya tidak tahu apa penyebabnya, dan pada tahun 2010, muncul kekhawatiran karena beberapa astronot mengalami perubahan struktural parah yang tak bisa kembali seperti semula setelah mereka pulang ke Bumi,” ujar Noam Alperin, penulis utama studi.

Para fisikawan NASA mengetahui bahwa ada sesuatu yang meningkatkan tekanan pada mata astronaut, tetapi mereka tidak bisa menjabarkan dengan jelas penyebabnya.  Teori terkemuka menyatakan bahwa kondisi tersebut, entah bagaimana. terhubung ke redistribusi cairan vaskular (darah dan getah bening) pada gravitasi mikro.

Menurut NASA, hampir 68 ons cairan berpindah dari kaki para astronaut menuju kepala mereka selama di luar angkasa. Para ilmuwan menduga bahwa cairan inilah yang menyebabkan tekanan pada otak, dan mempengaruhi mata.

Namun, studi tentang fenomena ini yang dipublikasikan tahun lalu hanya menambah misteri baru.

Para peneliti mengukur tanda-tanda vital dari empat orang yang terbang di atas kapal Vomit Comet—pesawat yang naik turun dengan cepat, mensimulasikan keadaan tak berbobot selama 25 detik. Para ilmuwan terkejut ketika menemukan bahwa tekanan intrakranial benar-benar turun selama periode gravitasi nol.

Cairan otak

Prof Alperin, seorang pakar radiologi dan teknis miomedis di University of Miami, AS, mengatakan bahwa peningkatan aliran cairan caskular ke kepala bukanlah masalah. Peneyebab utamanya ialah cairan serebrospinal (CSF) yang membantu meredam otak dari perubahan tekanan ketika tubuh kita menggeser posisi, seperti berdiri atau berbaring.

Perjalanan selama di luar angkasa mengacaukan sistem saluran yang telah disetel dengan baik karena kurangnya perubahan tekanan terkait postur ketika tinggal di lingkungan dengan gravitasi mikro.

Prof Alperin dan rekan-rekannya mencapai kesimpulan ini dengan melakukan pemindaian MRI beresolusi tinggi kepada tujuh astronaut sebelum dan setelah misi antariksa yang lama. Kemudian mereka membandingkan hasil tersebut dengan hasil pemindaian sembilan astronaut yang terbang ke luar angkasa untuk waktu singkat.

Para peneliti menemukan bahwa tujuh astronaut yang menghabiskan waktu beberapa bulan di orbit memiliki volume CSF yang lebih tinggi dalam rongga tengkorak di sekitar mata. Ini meningkatkan tekanan di bagian belakang bola mata astronaut, menyebakan pendataran dan mengarah pada peningkatan penonjolan saraf optik.

Studi ini juga menjelaskan hasil membingungkan dari Vomit Comet sebelumnya. Meskipun volume cairan meningkat di daerah tertentu, namun ukuran otak tidak membengkak, sehingga menyebabkan tekanan intrakranial.

Meski pada akhirnya penyebab cacat mata ini berhasil terungkap, akan tetapi langkah penganggulangannya dan pengobatannya tidak ada. Untuk saat ini, cacat bola mata merupakan salah satu penyakit yang hanya bisa diatasi oleh para insinyur yang bekerja untuk mengembangkan gravitasi buatan yang efektif.



Demikianlah Artikel Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/12/penyebab-cacat-bola-mata-pada-astronot.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Penyebab Cacat Bola Mata pada Astronot Terungkap"

Posting Komentar