z

Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika

Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika

INILAHCOM, Jakarta - Hari ini, Minggu, 4 Desember 2016, Google turut merayakan hari kelahiran pahlawan nasional Raden Dewi Sartika yang ke 132 tahun melalui tampilan doodle di halaman muka mesin pencarinya.

Jika Anda mengakses Google hari ini, Anda akan langsung disambut tampilan Google Doodle yang menggambarkan seorang perempuan dewasa dan enam gadis kecil dalam balutan kebaya. Perempuan tersebut tak lain adalah sosok Raden Dewi Sartika yang sedang mengajarkan materi pendidikan dasar pada enam muridnya. Di papan tulis, terpampang tulisan 'Google' yang digoreskan dengan kapur putih.  

Sama seperti Raden Ajeng Kartini, Raden Dewi Sartika dikenal atas jasanya memperjuangkan hak-hak perempuan, khususnya di bidang pendidikan. Ia mendirikan sekolah perempuan pertama bernama 'Sakola Istri' di Bandung pada tahun 1904.

Raden Dewi Sartika lahir di Cicalengka (sekarang masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat) pada 4 Desember 1884 dari pasangan keluarga Sunda ternama, R Rangga Somanegara dan RA Rajapermas.

Sejak kecil Raden Dewi Sartika memang memiliki perhatian pada dunia pendidikan. Ia sering bermain peran sebagai guru, meski usianya masih 10 tahun, dengan mengajar teman-teman sebayanya membaca tulis.

Setelah ayahnya meninggal, ia dirawat oleh pamannya di Cicalengka. Dari pamannya itulah Raden Dewi Sartika banyak mendapatkan pendidikan tentang kesundaan. Dari Cicalengka, ia kemudian pindah ke Bandung dan pada Januari 1904, ia membuat sekolah bernama 'Sakola Istri' di Pendopo Kabupaten Bandung. Sesuai namanya, murid-murid yang diterima seluruhnya adalah perempuan yang diajari berhitung, membaca, menulis, menjahit, hingga pelajaran agama.

Sekolah tersebut dipindahkan ke Jalan Ciguriang dan berubah namanya menjadi 'Sekolah Kaoetamaan Isteri' pada 1910 dan juga menambahkan mata pelajaran. Pada 1912, sudah ada sembilan sekolah serupa yang tersebar di seluruh Jawa Barat. Kemudian terus berkembang hingga satu sekolah tiap kota maupun kabupaten.

Karena didirikan oleh Raden Dewi Sartika, tahun 1929 sekolah tersebut berganti nama menjadi Sekolah Raden Dewi.

Raden Dewi Sartika mendapat dukungan dari sang suami, Raden Kanduruan Agah Suriawinata untuk mewujudkan perjuangannya.

Tahun 1947, yakni di usianya yang ke-62, Raden Dewi Sartika pun berpulang ke pangkuan Allah SWT. Karena jasa-jasa di bidang pendidikan kaum perempuan ini, pemerintah Indonesia memberinya gelar Pahlawan Nasional pada tahun 1966. [ikh]



Demikianlah Artikel Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/12/google-peringati-hari-kelahiran-raden.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Google Peringati Hari Kelahiran Raden Dewi Sartika"

Posting Komentar