z

Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak

Hallo sobat , selamat datang lagi di Semua Tentang Dunia, Kali ini saya akan memberikan artikel yang berjudul Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak, Semoga artikel ini selalu bermanfaat bagi anda pembaca setia blog saya .

lihat juga


Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak

Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak

INILAHCOM, Jakarta - Pada tahap kecanduan (addiction), pemain online biasanya merasa ketagihan untuk menyelesaikan suatu permainan dengan nilai tinggi secara terus menerus.

Beberapa tanda-tanda pada anak yang kecanduan permainan online adalah menjadi gelisah dan mudah marah bila tidak bisa bermain, mengisolasi diri dari orang lain untuk bermain game, migren karena konsentrasi dan ketegangan mata, lebih tertarik membicarakan permainan online, kelelahan akut, kerusakan saraf pada pergelangan tangan akibat terlalu lama memegang tetikus atau alat kontrol permainan online, serta menghindari pertemanan secara langsung.

Menurut Linzi Band, Pembicara SET di Inggris dan Pengajar SET di AIS, menjelaskan, jika tidak dihiraukan, kecanduan game online dapat memberikan dampak buruk dalam waktu dekat maupun dalam jangka waktu panjang.

"Dalam waktu dekat, anak yang kecanduan akan mengalami gangguan tidur, kurang nafsu makan, mengisolasi diri dan lupa waktu. Dalam jangka panjang, kecanduan ini dapat menyebabkan tingkat kesehatan anak turun akibat kurang tidur dan makan, yang juga bisa menjadikan anak lebih emosional dan tidak bisa konsentrasi terhadap akademiknya," kata Linzi Band pembicara di AIS, Jakarta, Rabu (07/12/2016).

Tidak hanya itu, anak juga bisa mengalami depresi dan memiliki tingkat kemampuan bersosialisasi yang menurun. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengurangi kecanduan online.

Berikut adalah caranya:

1. Tunjukkan ketertarikan pada kegiatan si anak, contohnya dengan mencoba memahami daya tarik dari games online yang dimainkan oleh anak.  

2. Batasi akses internet dengan sehat– mematikan WIFI pada jam tertentu. Terapkan aturan kepada semua anggota keluarga untuk tidak menggunakan gadget pada jam tertentu, seperti saat makan, atau waktu keluarga.

3. Terapkan peraturan, matikan semua layar, termasuk TV, 30 menit sebelum tidur.

4. Sampaikan ke pihak sekolah untuk membantu mendukung pembatasan penggunan games online.



Demikianlah Artikel Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih , sampai jumpa kembali

Anda sedang membaca artikel Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak dan artikel ini url permalinknya adalah https://infoduniahariini27.blogspot.com/2016/12/empat-cara-orangtua-batasi-internet.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

0 Response to "Empat Cara Orangtua Batasi Internet Untuk Anak"

Posting Komentar